0362
Kelurahanpaketagung@gamail.Com
Kelurahan Paket Agung

Pelatihan Pembuatan Banten Otonan bagi TP.PKK Kelurahan Paket Agung Pada Tanggal 2 Desember 2022

Admin kelurahanpaketagung | 02 Desember 2022 | 71 kali

Pelatihan Pembuatan Banten Otonan bagi TP.PKK Kel.Paket Agung terselenggara hari ini Jumat, 2 Desember 2022 di Kantor Lurah Paket Agung.
Kegiatan ini didampingi oleh Plt.Lurah Paket Agung, dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini di laksanakan untuk menambah pengetahuan Ibu-Ibu dalam pembuatan Banten otonan, karena sebagai tradisi masyarakat Hindu di Bali,  Banten otonan itu sangat penting.karena otonan merupakan peringatan terhadap hari kelahiran dan ucapan terimakasi kepada Hyang Guru dan leluhur karena diberikan kehidupan.
Dra.Luh Darmiasih, M.Si sebagai Instruktur pada kegiatan pembuatan Banten otonan menyampaikan bahwa Otonan adalah peringatan hari kelahiran bagi umat Hindu yang datang dan diperingati setiap 210 hari ( 6 bulan ) sekali berdasarkan perhitungan Sapta Wara, Panca wara dan Wuku. Dan tujuan otonan sebagai ucapan puji syukur kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa /para leluhur sudah menganugerahkan kehidupan. Dan di hari otonan itu kita memanjatkan puja kepada Sanghyang Widhi karena atas perkenan-Nya roh/ atma bisa menjelma kembali menjadi manusia, serta mohon keselamatan dan kesejahteraan dalam menempuh kehidupan. Dalam penetapan hari otonan tidaklah boleh ni asal-asalan atau tidak boleh keliru.
Kegiatan di lanjutkan dengan praktek pembuatan Banten otonan (CB83)